PKM BIMTEK PELAPORAN KEUANGAN DIGITAL DAN AKUNTANSI SEDERHANA UNTUK APARAT DESA

Authors

  • Tenriwaru Tenriwaru Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muhammad Suun Universitas Muslim Indonesia Author
  • Haerdiyansyah Syahnur Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/zs02pp48

Keywords:

Laporan keuangan desa, Modernisasi laporan keuangan , Aparat desa

Abstract

Pengelolaan keuangan desa yang berorientasi pada kinerja, dapat diasumsikan bahwa pengelolaan keuangan desa yang baik. Hal ini berpengaruh terhadap kinerja desa karena terdapat tanggung jawab kinerja yang mewakili hubungan antara tujuan strategis yang ingin dicapai dengan jumlah sumber daya yang disediakan.  Suatu lembaga atau badan yang berwenang. Pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan pelaporan keuangan yang baik.  Pelaporan keuangan sangat penting karena memberikan semacam akuntabilitas atas operasional suatu lembaga, baik secara regional maupun perusahaan secara keseluruhan.  Hal ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi langkah ke depan.  Penyusunan laporan keuangan dibagi menjadi dua bidang: tradisional dan modern. Metode tradisional, langkah pertama biasanya mengelompokkan akun tertentu secara manual. Metode modern saat ini terutama menggunakan aplikasi keuangan digital langsung secara online.  Tujuan pelaporan keuangan desa adalah untuk mewakili bentuk akuntabilitas organisasi atas penggunaan dan pengelolaan sumber daya desa selama periode waktu tertentu, untuk memberikan informasi mengenai keadaan keuangan, dan sebagai alat evaluasi untuk menunjukkan kinerja yang diberikan.  Hal ini penting karena dan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi bagi kepala desa, dirinya sendiri dan pemangku kepentingan lainnya.  Layanan kami mendukung staf desa dalam akuntansi dan pengelolaan dana desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chasanah, U., Rosyadi, S., & Kurniasih, D. (2017). Implementasi Kebijakan Dana Desa. Indonesian Journal of Public Administration , III, 12-32.

Fitriyah, N; Ahmad, I; Nursih, I . (2023) .Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Pengembangan UMKM.. Jp2n : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(1), 11-18. Https://Jurnal.Yp2n.Org/Index.Php/Jp2n/Article/View/4.

Rahajeng , M. M. (2020). Penerapan PrinsipPrinsip Good Govermance Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Public Policy And Management Inquiry, 4(2), 163-174.

Ridha, F. (2019). Analisis Pengelolahan Dana Desa dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Langsa Kota Langsa. Jurnal Ekonomi Islam , IV, 252-276.

Romantis, Puteri A. 2015. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2014.

Rosnita, R; Yulida, R; Andriani, Y; Septya, F; Herlon, M. (2023). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengurus Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) Dalam Digitalisasi Pemasaran Karet. Jp2n : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(1), 19-24. Https://Jurnal.Yp2n.Org/Index.Php/Jp2n/Article/View/2

Than, T., Mantir, M., & Singkoh, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakatdi Desa Taraudu Kecamatan Sahu. Jurnal Jurusan Ilmu Pengetahuan , 1, 1-12.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

PKM BIMTEK PELAPORAN KEUANGAN DIGITAL DAN AKUNTANSI SEDERHANA UNTUK APARAT DESA. (2023). JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.62180/zs02pp48

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>