PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESAIN EKSTERIOR ANAK USIA DINI

Authors

  • Muzakki Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Aghnaita Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Neela Afifah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Sri Hidayati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Nur Aida Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Liza Satiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author
  • Ervina Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/c0p58556

Keywords:

Anak Usia Dini, Desain Eksterior, Perencanaan, Perancangan

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan yang dapat mendukung dan membantu dalam mengembangkan semua potensi dalam dirinya, untuk itu maka perlu adanya dukungan  baik dari segi bangunan maupun lingkungan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan keindahan pada anak. Tujuan perencanaan dan perancangan desain eksterior anak usia dini adalah, investasi dalam perkembangan anak-anak. Metode yang digunakan Service Learning bertujuan untuk memahami makna dari sebuah desain yang telah dilakukan dalam konteks nyata, dengan adanya metode service learning ini akan terjadi hubungan timbal balik antara mahasiswa dan masyarakat , dengan cara survei, wawancara pada pihak sekolah dan observasi melihat langsung keadaan lokasi sekolah  serta untuk mendata perbandingan tata desain eksterior sebelum dan sesudah di desain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-ruzz Media.

Ginsburg, K.R., & Milteer, R.M. (2010). "The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds." Pediatrics, 129(1), 204-213.

Greenfield, C. (2017). "Designing Outdoor Learning Environments: An Integrated Approach." Routledge.

Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior, 4(2).

Mustafar.M., D. M. &. (2013). The Influence of Colour on Memory Performance. Medical Sciences, 20.

Moore, R.C. (2008). "Playgrounds: A Support for Children’s Development." American Journal of Play, 1(3), 279-298.

Nisa, H., Maimunah, D., Latifah, N., Hidayati, S., & Zulkarnain, I. (2022). Pemanfaatan Media Domba Dalam Mengembangkan, 2(1), 12–16.

Pratiwi, N. H. (2023). Perancangan Sekolah alam anak usia dini dengan Fitrah Based Education dengan pendekatan Combined Metaphor dari Fitrah Personal Potency.

Purnama, S., Jannah, R. R., Jazariyah, & Sabiati, A. (2020). Desain Interior dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini. Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 1).

Rohmah, L. (2016). Komparasi Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di TK Ceria Timoho dan RA Sahabat Berbah. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 25–40.

Sutanto, I., Effendy, D., & Franciska, N. (2020). Metode Service Learning sebagai Model Pembelajaran Sejarah Studi Kasus: Proses Pembelajaran Desain Interior untuk Komunitas Roodebrug Soerabaia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/67103/1/Metode Service Learning sebagai Model Pembelajaran Sejarah -Imelda S dkk.pdf

Rivkin, M.S. (2011). "The Great Outdoors: Restoring Children’s Right to Play Outside." National Association for the Education of Young Children.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESAIN EKSTERIOR ANAK USIA DINI. (2024). JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(2), 95-102. https://doi.org/10.62180/c0p58556

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.