EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL DAN PUZZLE MAKER PADA MATA PELAJARAN SKI
DOI:
https://doi.org/10.62180/17h87v11Keywords:
Efektivitas, Media, Video Sparkol, Puzzle Maker, Mata Pelajaran SKIAbstract
Era digital sekarang pembelajaran dituntut merancang pembelajaran lebih menarik bagi siswa. Pengembangan media pembelajaran digital yang sedang naik daun adalah salah satu solusi yang dapat ditawarkan terlebih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam didominasi oleh materi yang memuat nama, tanggal dan tahun kejadian sejarah masa lampau sehingga siswa mengganggap pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang menarik dan membosankan oleh karena itu pengembangan media pembelajaran Video Sparkol menggunakan aplikasi VideoScribe dan Kuis Teka-Teki menggunakan Puzzle Maker untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam disekolah seperti siswa mengantuk pada saat proses pembelajaran dan mengetahui keefektivan media tersebut dalam membangkitkan semangat belajar siswa, sasaran pengembangan ini adalah siswa kelas XI di MA Darul Amin Palangka Raya dan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah R&D dengan model 4D dengan langkah-langkah Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian pengembangan menunjukan keefektivan penggunaan media dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan skor validasi ahli media 93,75% pada media Kuis Teka-Teki Silang berbasis web puzzle maker dan 83,3% pada media video sparkol berbasis aplikasi VideoScribe sementara validasi dari ahli materi pada media yang dikembangkan mendapatkan skor 75% sehingga dapat dikategorikan media layak digunakan. Setelah di uji coba pada 26 siswa dalam satu kelas skor pada angket respon siswa sebanyak 69,98% dengan kategori baik.
Downloads
References
Al Munawwarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. . Journal Mathrmatics, 8(2), 430–437.
Andi, I. P., Rayendra, Z., Rayendra, R., & Amilia, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Pada Pembelajaran Sejarah X Sma. . Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. Https://Doi.Org/10.47134/Jtp.V1i4.413.
Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., & Herlina, E. S. (2023). Media Pembelajaran Era Digital. Yogyakarta (ID): CV Istana Agency.
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R & D); R. Risdiantoro (Ed). Malang (ID): Institut Agama Islam Sunan Kalijogo.
Hasriani. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sdn 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. . Riskesdas 2018, 1–12.
Kusumadinata, A., & Annisa, Q. H. (2023). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Pada Pengalaman Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023 . JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(1), 25-31. https://doi.org/10.62180/d3q0ys58.
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In M. Jannah (Ed.),. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6wck.
Nanda, D. W., Filahanasari, E., & Rodiah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 238/VI Tanjung Putus II. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd STKIP Subang , 9 (3), 1219-1227. Https://Doi.Org/10.36989/Didakt.
Nasution, A., Qadaria, L., Khairiah, W., Tanjung, E. Y., & Pramayshela, A. (2022). Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI: Studi Kasus di SD Plus Kasih Ibu. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 42-47.
Pagarra, H., & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. . Malang (ID): Penerbit UNM.
Rochmawati, M. P. (2023). Faktor - Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdn 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.33061/J.
Sabarudin, A. P., Muhammad, R. A., Putri, A. A., Kharisma, K., & Caca, A. R. (2023). PEMBENTUKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMA AMALIAH. JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(1), 46-56. https://doi.org/10.62180/1wmext12.
Setyowati, L. A., Russanti, I., Kharnolis, E. M., & Wahyuningsih, U. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Macam-Macam Kampuh Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Kelas X Tata Busana Smk Negeri 3 Kediri. Journal On Education, 5(4): 15110–15120. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2601.
Yaumi, M. (2018). Media Teknlogi Dan Pembelajaran. Depok (ID): Prenadamedia Group. .
Zahidah, N., Ellianawati, & Susilo. (2023). Analisis Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Pada Materi Nomentum Dan Implus. Unnes Physics Education Journal, 12(1), 91–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mahrini, Muhammad Azra Fajar, Latifah Mayasari, Abdul Azis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.