UPAYA PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN TK HARAPAN BANGSA DESA HAMPALIT KECAMATAN KATINGAN HILIR

Authors

  • Khairunisa Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Author
  • Muzakki Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/3vmc5r57

Keywords:

Anak usia dini , Pengendalian sampah , Sampah

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sampah adalah segala sesuatu yang tidak dimanfaatkan. Sampah tercipta karena aktivitas manusia dan tidak tercipta dengan sendirinya. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah merupakan suatu barang yang dianggap tidak dapat digunakan lagi yang dibuang begitu saja oleh pemilik atau pengguna sebelumnya, namun sebagian orang percaya bahwa tempat sampahUntuk melaksanakan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini, maka dilakukan upaya pengendalian sampah plastik di TK Harapan Bangsa. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui beberapa metode dan langkah. (1.) Diskusi dengan guru TK Harapan Bangsa untuk mendapatkan informasi mengenai pengendalian sampah yang dilakukan, kemungkinan ada kendala yang dihadapi di Tempat Sampah (2.) Penataan tempat sampah (3.) Demonstrasi membuang sampah pada tempat nya. Pendidikan anak usia dini adalah pelatihan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilaksanakan melalui rangsangan pendidikan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak mempunyai keterampilan untuk belajar. Pengendalian sampah ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi anak sejak usia dini tentang pengendalian sampah yang benar dan membuang sampah pada tempatnya Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat diuraikan sebagai berikut: Dalam kegiatan tersebut dilakukan diskusi dengan guru, dimana dijelaskan informasi tentang pelaksanaan pengendalian sampah, kemungkinan ada kendala dalam pengendalian sampah serta pemahaman tentang proses membuang sampah pada tempatnya.  Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengajarkan anak sejak dini untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewan Guru Besar UGM. (2017). Proseding Kongres Maritim Ke II. Yogyakarta: Dewan Guru Besar UGM.

Ikhtiar, Muhammad. (2017). Pengantar Kesehatan lingkungan. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn).

Kusumadinata, A. A. (2016). Community‐Based Waste Management. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-21.Doi. https://doi.org/10.30997/qh.v2i1.514.

Purnomo, R, Herawati, L, & Amri, C. (2017). Penggunaan Tempat Sampah Bermotif Terhadap Perilaku Buang Sampah pada Tempatnya Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Argomulyo, Sedayu, Bantul. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(3), 101–105. http://journalsanitasi.keslingjogja.net/index.php/sanitasi/article/view/16/16.

Rahayu, YS., Nuraeni, S., Kaustara, NR., Maulana, NA., Nuryadi, DP. (2024). Pengelolaan Sampah Plastik Dalam Skala Kecil: Peran Masyarakat Dalam Mengurangi Dampak Lingkungan. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(2), 187-197. https://doi.org/10.62180/r4hjcb91.

Ridla, M. Rosyid, Afif Rifa’I, dkk, (2017). Pengantar Ilmu Dakwah. Yogyakarta; Samudra Biru.

Rohman, Arif Nur. (2017). Peranan Pemuda Dalam Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Gardu Action Parangtritis Kretek Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, S., Tahir, Bannu Dahlang., Heryanto. (2022). Ilmu Lingkungan. Jawa Timur: Penerbit Satoe

Taufiqoerrochman, Achmad. (2019). Kepemimpinan Maritim Sebuah Memoar. Jakarta: Kompas Gramedia.

Waluyo, Cipto. (2019). Menggalang Ketahanan Nasional, Jakarta: Kompas Gramedia.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

UPAYA PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN TK HARAPAN BANGSA DESA HAMPALIT KECAMATAN KATINGAN HILIR. (2024). JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(2), 128-133. https://doi.org/10.62180/3vmc5r57

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)