PELATIHAN CAPACITY BUILDING ANGGOTA  KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN (KSPPS) BMT UMJ

Authors

  • Sa'diyah Eladawiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta Author
  • Tria Patrianti Universitas Muhammadiyah Jakarta Author
  • Astriana Baiti Sinaga Universitas Muhammadiyah Jakarta Author
  • Agus Hermanto Universitas Muhammadiyah Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/sanp5747

Keywords:

Capacity Building , Koperasi , Simpan Pinjam , Baitul Maal , Baitul Maal Wattamil

Abstract

Koperasi sebagai bentuk kegiatan ekonomi rakyat berdasar atas azas kekeluargaan, selayaknya dapat berkembang dan menjadi tumpuan dan harapan para anggota dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian mereka. Kehadiran koperasi diharapkan menjadi jembatan dalam memenuhi kepentingan anggota dengan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Tujuan kegiatan ini melakukan Capactiy Building bagi pengurus dan anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Watammil Universitas Muhammadiyah Jakarta menggunakan metode Focus Group Discusion dengan melibatkan 50 peserta dari unsur pengurus dan anggota yang hadir  pelatihan. Hasil dari focus group discusion para pengurus dan anggota mendapatkan pengetahuan, penguatan dan pemanfaatan keanggotaan KSPPS BMT UMJ.  Disamping itu juga para peserta yang menghadiri dan ikut pelatihan capacity building mendapatkan keuntungan  berupa manfaat menjadi anggota KSPPS BMT UMJ. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan santai dan serius dengan materi pengetahuan tentang koperasi dan Baitul maal wattamil, ekonomi Syariah, psikologi dan diselingi dengan permainan interaktik berkaitan dengan koperasi dan tim work. 

Kata kunci: capacity building, koperasi, simpan pinjam, Baitul maal wattamil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, Tri,. Sore, Avelius Dominggus., Astikawati, Y. (2020). Peran Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Di Koperasi Unit Desa Bale Yotro Desa Beloyang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 5, No 2, pp. 102-112.

Hutagalung, Muhammad Wandisyah R.., Batubara, Sarmiana. (2021), Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7 (03), pp 1495-1498.

Republik Indonesia, Undang-undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi.

Suriono. (2021). Penyuluhan Koperasi Di Desa Pulau Pule Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Rambate. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1, pp. 2797- 4960.

Wibisono,. Arif Fajar., Rokhmawati, Suci. (2014). Sosialisasi Dan Penyuluhan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 3 No. 1, pp. 6-8.

Windaryadi, Catur. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 16 (3) pp. 177-184.

Zulhartati, Sri. (2018). Peranan Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia, FKIP, Pontianak :Universitas Tanjungpura.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

PELATIHAN CAPACITY BUILDING ANGGOTA  KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN (KSPPS) BMT UMJ. (2024). JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(3), 276-284. https://doi.org/10.62180/sanp5747