TRAINING OF TRAINEE PUBLIC SPEAKING AND PUBLIC RELATIONS MARKETING PROGRAM BUSINESS & IMPACT KEPADA VOLUNTEER PT. FOOSTER CONSULTANT DALAM PEMBINAAN UMKM KECAMATAN PACET

Authors

  • Intan Primasari universitas telkom Author
  • Muhammad Al Assad Rohimakumullah Universitas Telkom Author
  • Muhammad Satriand Duva Dama Universitas Telkom Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/n3rtvp90

Keywords:

Public speaking , Public relations, UMKM

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum (public speaking) dan hubungan masyarakat (public relations) bagi para relawan PT. Fooster Consultant dalam mendukung pengembangan UMKM di Kecamatan Pacet. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran bisnis dan dampaknya, yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan relawan dalam membina dan mendampingi UMKM. Melalui pendekatan pelatihan yang interaktif dan komprehensif, peserta akan dibekali dengan keterampilan komunikasi yang efektif, teknik pemasaran inovatif, dan pemahaman mengenai pengelolaan citra publik. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kapabilitas relawan dalam memberikan bimbingan yang efektif kepada UMKM, sehingga mampu meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha kecil di wilayah tersebut. Program ini diharapkan dapat menjadi model yang dapat diterapkan secara luas untuk pemberdayaan UMKM melalui sinergi antara sektor swasta dan masyarakat.

Kata kunci : public speaking, public relations, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, D., Hamima, N. W., Azka, K. F. L., & Umara, N. S. (2022). Mengembangkan keterampilan berbicara dan rasa percaya diri melalui public speaking bagi anak panti asuhan Wisma Karya Bakti. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Retrieved from Presentasi Net website: https://www.presentasi.net/author/noerpr esadm/.

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM Teori dan Aplikasi (Pertama). Univeristas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang EfektifRoswita Oktavianti1 dan Farid Rusd. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

TRAINING OF TRAINEE PUBLIC SPEAKING AND PUBLIC RELATIONS MARKETING PROGRAM BUSINESS & IMPACT KEPADA VOLUNTEER PT. FOOSTER CONSULTANT DALAM PEMBINAAN UMKM KECAMATAN PACET. (2024). JP2N : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 1(3), 225-231. https://doi.org/10.62180/n3rtvp90

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>