Pengaruh Pemberian Jamur Trichoderma Dan Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Gueneensis Jacq) di Main Nursery

Authors

  • Rebeca Novita Sari Universitas Tjut Nyak Dhien Author
  • Ahmad Nadhira Universitas Tjut Nyak Dhien Author
  • Octanina Sari Sijabat Universitas Tjut Nyak Dhien Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/t220pc21

Keywords:

Jamur , Kelapa sawit , Pupuk NPK , Trichoderma

Abstract

Pertumbuhan dan pembibitan tanaman kelapa sawit dilakukan melalui penggunaan Jamur Trcihoderma,Top soil, pasir dan pupuk kandang sebagai media tanam, jenis pupuk kandang yang digunakan yaitu pupuk kandang dari kotoran lembu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian Jamur Trichoderma, pemberian Pupuk NPK dan juga pemberian Jamur Trichoderma dibarengi dengan pemberian pupuk NPK sekaligus. Pemberian jamur Trichoderma dan pemberian pupuk NPK dengan dosis yang berbeda bertujuan untuk mengetahui dosis yang tepat pada tanaman kelapa sawit, lalu melihat interaksi kedua perlakuan pada fase pembibitan tanaman kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Sumatera Utara pada bulan Juni 2022 sampai dengan Desember 2022. Rancangan penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan faktor pertama pertama Pupuk Kimia (N) yang terdiri dari 2 taraf perlakuan yaitu: N1 = NPK (4gr/batang) K2 = NPK (6 gr/batang) Factor kedua pemberian Jamur Trichoderma dengan simbol (J) yang terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu J0= 0 Kontrol (tanpa perlakuan) J1= 20ml/batang J2 = 30ml/batang. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi batang (cm), Panjang daun (cm). Pada penelitian dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial menunjukkan bahwa Hasil dari  perlakuan NPK berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, dan terhadap panjang daun, serta berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah daun. Sedangkan perlakuan jamur Trichoderma menunjukkan bahwa perlakuan Trichoderma berpengaruh sangat nyata terhadap panjang daun, dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun. Sementara hasil penelitian dari interaksi perlakuan NPK dan Trichoderma berpengaruh nyata terhadap panjang daun, dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun.

Kata Kunci : Jamur Trichoderma, Pupuk NPK, Kelapa Sawit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buulolo, Arianto. (2019) Aplikasi Tricho Kompos Tankos Kelapa Sawit Dan Pupuk NPK 16:16:16 Pada Pembibitan Di Main-Nursery Kelapa Sawit (Elaeis Guenensis Jacq). Skripsi. Riau: Universitas Islam Riau.

Carreras-villasenor. (2012). Trichoderma sensing the environment for survival and dispersal. Journal Microbiology, 158.

Dirjenbun. (2021). Statistik Perkebunan Unggulan Nasional. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Febrianti; Arrozi, N; Rahayu, N .(2024). Pengaruh Pemberian Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LCPKS) terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.). (2024). AGRINUS : Jurnal Agro Marin Nusantara, 1(1), 36-46.

https://jurnal.yp2n.org/index.php/agrinus/article/view/50.

Pandawani, Ni putu. (2020). Efektivitas isolate Trico.Sp. dalam pengendalian penyakit akar gada pada sawi hijau . Agricultural journal vol.3 No.1. Bali.

Prayogo, J. (2021). Pengaruh Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit Dan Npk 16: 16: 16 Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Di Main Nursery Pada Media Podsolik Merah Kuning (Penelitian Lanjutan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ramadhan, Syahrif & Nasrul, Desri. (2022). Pertumbuhan bibit kelapa sawit dengan pemberian pupuk NPK dan kompos sekam padi pada media inseptisol. Jurnal agrotek vol.6 no.1.

Sabri, B. (2019). Aplikasi Urin Sapi Pada Beberapa Media Tanam Untuk Perkecambahan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Di Pre Nursery. Skripsi. Riau: Universitas Islam Riau.

Simbolon, Berliance. (2016). Aplikasi Trichoderma SP.untuk mengendalikan serangan fusarium SP. Pada tanaman tomat cung. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Usman, E. (2014). Respons pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery akibat pemberian pupuk melalui daun. Palembang: Universitas Tridinanti Palembang.

Waldahnia, W. (2019). Aplikasi Dosis Trichokompos Jerami Pada Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Pembibitan Utama (Main-Nursery). Skripsi. Padang: Univrsitas Andalas.

Zulkifli. H; Halimah, M. (2010). Life cycle assessment for oil palm fresh fruit bunches production from continued land use for oil palm planted on mineral soil. Journal of oil palm research. Vol.22.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Pengaruh Pemberian Jamur Trichoderma Dan Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Gueneensis Jacq) di Main Nursery. (2024). AGRINUS : Jurnal Agro Marin Nusantara, 1(2), 85-91. https://doi.org/10.62180/t220pc21

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2