Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Roti (Kasus Pada Konsumen Makacha Bakery Di Kota Pekanbaru)

Authors

  • Ros Ardiyani Universitas Riau Author
  • Yusmini Universitas Riau Author
  • Evy Maharani Universitas Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/s5p3ah43

Keywords:

Atribut, Kepentingan, Kinerja, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen, dan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut yang harus ditingkatkan dan dipertahankan untuk memenuhi kepuasan konsumen dalam membeli produk roti Makacha Bakery di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan ditoko roti Makacha Bakery, Pekanbaru dengan metode survey pada bulan Januari 2023 dengan bantuan kuesioner dan menggunakan skala likert sebagai alat ukur. Responden pada penelitian ini berjumlah 90 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen adalah wanita, usia produktif (26-31 tahun), bekerja sebagai wiraswasta, pendidikan terakhir strata 1, dan pendapatan berada pada kategori tinggi. Analisis CSI menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian roti termasuk dalam kategori puas yaitu sebesar 79,47%. Analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang harus diperbaiki adalah penggunaan media sosial, potongan harga, dan popularitas merek. Sedangkan atribut yang harus dipertahankan adalah rasa, tekstur, aroma, ukuran produk, label halal, kebersihan produk, pelayanan konsumen, kecepatan pelayanan, keterjangkauan harga, dan lokasi strategis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, H. R., Subagio, R. T., & Kusnadi. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. Jurnal Sistem Cerdas, 3(Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas).

Canway, J., Restuhadi, F. Eri S. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Toko Roti Bobo Bakery Di Kota Pekanbaru. Fakultas Pertanian, Universitas Riau.

Hardini, S. Y. P.K., Banjarnahor, S. R., Gandhy, A., Budiman, F. (2022). Pengaruh Atribut Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Roti Bakar 88. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan

IPOTNEWS. (2015). Konsumsi Perkapita Masih Rendah, Saham Roti Prospektif.

Kurniati, E., Silvia, E., & Efendi, Z. (2016). Analisis kepuasan konsumen terhadap kue baytat bengkulu. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia.

Nopriyenti, D., Indrawanis, E., Vermila, CWM. (2019).Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Minyak Goreng Kemasan di Desa Muaro Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. AGRITURE (Journal Agribusiness Future). Universitas Islam Kuantan Singingi

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV, Bandung.

Sumarwan, U., & Tjiptono, F. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. IPB Press.

Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta.

Syukri, S. H. A. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trns Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103–111.

Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Untuk Menegtahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer.JURNAL INFORMATIKA UPGRIS.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Roti (Kasus Pada Konsumen Makacha Bakery Di Kota Pekanbaru). (2024). AGRINUS : Jurnal Agro Marin Nusantara, 1(1), 73-84. https://doi.org/10.62180/s5p3ah43