Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usahaternak Kambing Kacang Di Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik

Authors

  • Fransiskus Bensi Universitas Wijaya Putra Author
  • Didik Daryanto Universitas Wijaya Putra Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/vt42z297

Keywords:

kambing kacang, kelayakan usaha, pendapatan

Abstract

Kambing merupakan hewan ruminansia yang berukuran lebih kecil dibandingkan domba. Peternakan kambing merupakan salah satu jenis peternakan yang menghasilkan daging, susu, kulit, kulit dan pupuk kandang yang dapat digunakan sebagai pupuk. Peternakan kambing juga dikenal luas dan berperan penting dalam perekonomian masyarakat pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profitabilitas usaha peternakan di Desa Jombangdelik Gresik dan untuk mengetahui kelayakan usaha peternakan kambing di Desa Jombangdelik Gresik. Populasi penelitian ini adalah para penggembala kambing di Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari survey dan survey sedangkan data sekunder diperoleh dari data primer pada organisasi. Analisis data menggunakan analisis pendapatan dan analisis kelayakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 di Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Tempat ini dipilih secara khusus karena Desa Jombangdelik termasuk salah satu daerah yang masih bisa beternak kambing liar: lahannya luas dan rumputnya bisa ditanam sendiri, kambingnya cepat tumbuh dan jauh dari kandang. . Anda bisa menjual kotoran kambing kepada peternak di masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kambing di desa Jombangdelik menguntungkan dan lebih memenuhi persyaratan koneksi bisnis kambing para peternak kambing di desa Jombangdelik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Ruhlam. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik. (2016). Profil Kabupaten Gresik. 2016. Gresik

Ferisanti. (2023). Analisa Break Event Point (BEP) Terhadap Laba Perusahaan

Maesya, A. & Rusdiana, S. (2018). Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Agriekonomika, 7(2), Hal, 135.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia

Soekartawi. (2016). Analisis Usahatani. Jakarta. UI-Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta.

Tmaneak, M. I., Beyleto, V. Y., & Nurwati, M. (2016). Penampilan produksi ternak kambing Kacang jantan dari berbagai kelompok umur di Kecamatan Insana Utara Kabupataen Timor Tengah Utara. Jas, 1(1), 9-11.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usahaternak Kambing Kacang Di Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. (2024). AGRINUS : Jurnal Agro Marin Nusantara, 1(1), 55-62. https://doi.org/10.62180/vt42z297