Komunitas Dan Interaksi Penonton Pada Siaran Langsung Di Kanal Youtube Naplive

Authors

DOI:

https://doi.org/10.62180/7x0vdr35

Keywords:

budaya siber, interaksi, komunitas, livestreaming

Abstract

Fenomena sosial baru berupa livestreaming dianggap sebagai ekspresi budaya siber dan perluasan perilaku online generasi muda. Livestreaming telah menjadi semacam wadah baru dalam berinteraksi sosial. Fokus dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana interaksi antara streamer dan viewer di channel NapLive membentuk budaya komunitas di platform YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang alasan seseorang menonton livestreaming, bentuk interaksi antara penonton dan streamer, serta motivasi di balik partisipasi atau dukungan viewer kepada streamer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengamatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, melibatkan keikutsertaan peneliti pada komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa livestreaming diminati sebagai pelarian atau sarana eskapisme orang dari kesibukan dunia nyata. NapLive menunjukkan bagaimana platform livestreaming seperti YouTube dapat digunakan untuk membangun komunitas yang dinamis dan interaktif. Melalui berbagai bentuk interaksi dan konten yang kaya, Alfachri sebagai streamer berhasil menciptakan lingkungan yang menghubungkan streamer dan penonton secara emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. H., & Nugraha, S. (2024). Mekanisme Pelarian: Alasan Orang Dewasa Menonton Streaming Video Game. Bandung Conference Series: Psychology Science, 4(1), 479–487.

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistimologi, dan Aplikasi. Pustaka Widyatama.

Gjestang, R., Interaction, A., & Environment, P. W. (2020). Working as a Live Streamer Effect of Audience Interaction on Psycho-Social. May.

Hartmann, T.; Klimmt, C.; Vorderer, P. A. (2010). Telepresence and entertainment. In C. Bracken, & P. Skalski (Eds.). Immersed in media. Telepresence in everyday life, 137–157. Routledge. https://hdl.handle.net/1871/39731

Hilvert-Bruce, Z., Neill, J. T., Sjöblom, M., & Hamari, J. (2018). Social motivations of live-streaming viewer engagement on Twitch. Computers in Human Behavior, 84, 58–67. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.013

Lozano-Blasco, R., Latorre-Martínez, M. P., & Cortes-Pascual, A. (2021). Analizing teens an analysis from the perspective of gamers in youtube. Sustainability (Switzerland), 13(20). https://doi.org/10.3390/su132011391

Mohammad, W., Saifurrahman, H., Fiqrussalam, J. R., Sulthoni, A. U., & Austi, D. F. (2023). Pengaruh Jumlah Subscribers dan Jumlah Penayangan terhadap Pendapatan Super Chat pada Virtual YouTuber Kobo Kanaeru. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(3), 31–40.

Muslimah, F. (2020). Donasi Online sebagai Budaya Siber Generasi Milenial. Jurnal Public Relations (J-PR), 1(2), 102–107. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/244

Nafi’, M. R. (2023). Budaya Donasi Online di Youtube Melalui Fitur Superchat. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(1), 93–100. https://doi.org/10.62180/2zk3tr46

Octoramonth, F. (2023). Al NapKing! Streamer Kecil Paling Anti Gimmick ~ OPM #ObrolanPapaMuda. YouTube. https://youtu.be/AReMKtQ33Uc?si=QSBKKjHn_tD2B-1D

Putra, R. A. (2023). Analisa Media Siber pada Tayangan Langsung Virtual Youtube Mythia Batford. Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i1.1914

Sheng, J. T., & Kairam, S. R. (2020). From Virtual Strangers to IRL Friends: Relationship Development in Livestreaming Communities on Twitch. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW2). https://doi.org/10.1145/3415165

Wohn, D. Y., & Freeman, G. (2020). Live Streaming, Playing, and Money Spending Behaviors in eSports. Games and Culture, 15(1), 73–88. https://doi.org/10.1177/1555412019859184

Wohn, D. Y., Freeman, G., & McLaughlin, C. (2018). Explaining viewers’ emotional, instrumental, and financial support provision for live streamers. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 2018–April, 1–13. https://doi.org/10.1145/3173574.3174048

Zheng, S., Chen, J., Liao, J., & Hu, H. L. (2023). What motivates users’ viewing and purchasing behavior motivations in live streaming: A stream-streamer-viewer perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 72(August 2022), 103240. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103240

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Komunitas Dan Interaksi Penonton Pada Siaran Langsung Di Kanal Youtube Naplive. (2023). HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(3), 406-415. https://doi.org/10.62180/7x0vdr35

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>