Interpersonal Communication Of Supervisors And Students In Submitting Thesis Titles

Authors

  • Nurul Saniah Universitas Potensi Utama Author
  • Sudarman Ramadhani Universitas Potensi Utama Author

DOI:

https://doi.org/10.62180/m6y2ss95

Keywords:

dosen , Mahasiswa, komunikasi , skripsi

Abstract

Sebelum memulai proses bimbingan skripsi, mahasiswa harus mengusulkan beberapa judul skripsi kepada dosen pembimbing. Ini bertujuan untuk menemukan satu judul yang sesuai dengan aturan yang berlaku, berdasarkan alasan dan fakta yang relevan. Proses pengajuan judul bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui email, pesan WhatsApp, portal kampus, atau secara langsung melalui tatap muka. Ada berbagai sistem pengajuan judul skripsi yang berbeda di setiap kampus. Komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa memegang peranan penting dalam proses ini. Dosen pembimbing bertanggung jawab membimbing mahasiswa dalam menemukan judul skripsi yang sesuai dengan kemampuannya, serta memberikan dukungan dalam menyusun skripsi hingga lulus tepat waktu. Oleh karena itu, komunikasi yang baik antara dosen dan mahasiswa sangat diperlukan. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara dua orang atau lebih dan menjadi metode utama yang digunakan dalam bimbingan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa dalam proses pengajuan judul skripsi. Metode yang digunakan termasuk observasi dan wawancara dengan informan penelitian, yaitu dosen dan mahasiswa.

Kata Kunci:  dosen, komunikasi interpersonal, mahasiswa, skripsi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Hodijatul. (2023). Pola Komunikasi Antarpribai Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi (Studi pada mahasiswa ilmu komunikasi yang menulis skripsi di semester ganjil tahun 2022). Skripsi. Jakarta: Universitas Nasional.

Akbar, Ali. (2021). Pola Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Bimbingan Skripsi Selama Masa Pandemi COVID-19. Skripsi. RiauL Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Bungin, B. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group;

Damayanti, Yulia. (2023). Pola Komunikasi Dosen Pembimbing dengan Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Masa Pandemi (Studi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban): Array; Jurnal Komunikasi Peradaban, 1(1), 19-28.

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jaya, S., &Peranginangin, I. F. D. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 1115-1123.

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “whatsapp” sebagai media komunikasi dosen dengan mahasiswa bimbingan skripsi (studi analisis Deskriptif pada mahasiswa ilmu komunikasi bimbingan skripsi universitas Dehasen Bengkulu tahun 2016). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1).

Saputra, R. (2019). Pola komunikasi dosen dan mahasiswa dalam bimbingan skripsi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2).

Salsabila, F. (2023). Pola Komunikasi Dosen dalam menanggulangi kejenuhan belajar Mahasiswa. Estungkara: Jurnal Pengabdian Pendidikan Sejarah, 2(2), 48-58.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Interpersonal Communication Of Supervisors And Students In Submitting Thesis Titles. (2024). HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(2), 326-332. https://doi.org/10.62180/m6y2ss95

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>